Sunday 8 June 2008

Umur Iguana dan Perkiraan Ukuran

Horee... iguana gw sudah gede. Akhirnya misi gw beternak iguana berhasil. hehe, hebat kan. Nih dia gambar iguana gw yang sudah gede. Mantap ga? Ekornya aja hampir menyentuh lantai, belum badannya segede kucing dewasa. Pokoke serem deh perawakannya.


Eit tunggu dulu, ini cuman karangan gw aja, sebenernya iguana ini ikutan numpang photo ma gw, pas gw pergi ke bedugul. Eh kebalik yah, gw yang numpang photo ma iguana ini. Lumayan gede ya. Kira-kira umurnya sekitar 3 tahun. Iguana ini merupakan peliharaan dari guide di Ulun Danu Beratan Bedugul Bali. Selain iguana ini, dia masih punya ular phyton, kalong, and musang.

Buat kalian yang ga ingin ketipu dengan umur iguana, gw punya panduan untuk menentukan umur iguana. Jika iguana mendapatkan perawatan dan makanan yang baik, maka umur iguana dapat diperkirakan dari ukuran badan dan ekornya. berikut tabelnya.

TahunSVL(inches)STL(inches)Berat
Bayi/setelah menetas2,3-2,56-9~90 gram
1 Tahun8-920-271-1,5 kg
2 Tahun11-1228-362-4 kg
3 Tahun12-1430-424-6 kg
4 Tahun14-1635-485-8 kg
5 Tahun18-2045-6010-15 kg
6 Tahun20-2250-6614-18 kg
7 Tahun20-2450-7215-20 kg

SVL = snout-vent length ( panjang badan )
STL = snout-tail length ( panjang badan + ekor )
Ekor Iguana biasanya 2,5-3 kali SVL-nya.

Iguana betina biasanya lebih kecil dari iguana jantan. Ada beberapa perbedaan ukuran berdasarkan asal iguana, tapi umumnya masih dalam range table di atas.

Kiranya tabel ini membantu, sehingga anda-anda tidak tertipu jika membeli iguana yang sudah dewasa. Dengan data ini tentunya pemeliharaan iguana membutuhkan ruangan yang cukup gede buat menampung perkembangan tubuhnya.

5 comments:

momogi47 said...

mas mau donk iguananya, berapaan pm ke hp saya ya..081936128286

Unknown said...

mas cara bedain jantan/betinanya gmn yah???

Unknown said...

mas Klo buntutnya putus masih bisa tumbuh lagi ga yaaa...

Unknown said...

Sy punya iguana kr2 umurny 1thn lebih betina skr tb2 bertelur tampa pejantan pertanyaan sy ap bs betina bertelur tampa pejantan dan bagaimana cara merawat telurnya smpai bs manetas trim kasih tlng jawabannya. Widodo jakrta.

Unknown said...

Bisa