Tuesday 10 June 2008

Iguana ganti kulit pertama


Iguana gw dah mulai ganti kulit yang pertama. Ganti kulit atau dalam istilah asingnya Shedding atau Molting biasa terjadi dalam bangsa reptil yang sehat. Berikut fakta yang gw dapet dari forum :
  • Reptil yang sehat akan berganti kulit secara rutin.
  • Ular dan Kadal dan Biawak mengalami masa ganti yang berbeda-beda sesuai jenis, ukuran, dan umur.
  • Reptile yang masih muda/hatchling/neonates akan lebih sering berganti kulit.
  • Karena di Indonesia suhu udara dan tingkat kelembaban tidak jauh berbeda dari musim ke musim biasanya reptil berganti kulit di musim hujan sedikit lebih lambat dari musim kering.

Iguana gw kl diperhatikan bagian kepalanya sudah mulai mengelupas, dan berganti dengan kulit berwarna hijau cerah. Sangat indah kalo dilihat dari deket. Awalnya kulit bagian kepala mengeras dan berwarna seperti lapisan lilin atau kuku. Kemudian sedikit demi sedikit mengelupas seperti ular.

Tingkah laku yang gw perhatikan, pada masa ganti kulit iguana malas berjemur. Iguana gw lebih suka diam di tempat yang teduh. Mungkin mereka butuh kelembaban, untuk itu gw juga rutin membasahi badan iguana gw menggunakan semprotan air pada siang hari.

O ya, sekali waktu iguana mesti dimandiin, cara mandiinnya cukup menggunakan kapas basah, kemudian gosokkan ke badan iguana. Pelan-pelan aja sampai kotoran di badannya lepas.

1 comment:

devie iggo said...

salam kenal,hee..
aku suka iguana n baru x ini aku bisa piara dia. aku punya satu iguana, gatau umurnya berapa tp uda rada gede. pastinya uda sering shedding tapi kulitnya ga bagus2 tuh...ga mulus jg. minta sarannya yah biar kulitnya mulus.thx