Thursday 5 June 2008

Pengamanan buat Iguana - Hindari benda tajam

sebenernya gw sudah punya daftar prosedur pengamanan iguana, cuman belum sepenuhnya gw terapin. Diantaranya adalah aturan untuk menjauhkan benda tajam dari iguana. Nah terbukti kalo benda tajam bisa membahayakan iguana. Ekor salah satu bayi iguana gw ( si nona igun ) terputus sekitar sepertiganya. Itu dikarenakan ekornya terjepit bagian batu-batu karang yang sebenarnya cukup tajam untuk melukai iguana.


Seharusnya batu karang tidak boleh digunakan sebagai accesories kandangnya. Lebih baek menggunakan kayu-kayuan. Cuman karena belum ketemu kayu yang cocok buat diletakkan di kandang iguana, terpaksa gw pake batu karang bekas akurium ikan hias gw. Ternyata emang terbukti tidak aman untuk iguana.

Berikut gw sertakan beberapa prosedur pengamanan untuk Iguana :
  • Usahakan kandang tertutup dengan baek, sehingga iguana tidak melarikan diri. Tapi tetap perhatikan kebutuhan akan cahaya matahari langsung. Gw sudah ganti atapnya dengan jaring dari kawat.
  • Jauhkan benda tajam yang dapat melukai tubuhnya, contohnya batu-batu karang yang notabene permukaannya tidak rata dan cenderung tajam, dan benda tajam laennya.
  • Jika anda menggunakan pemanas, maka usahakan iguana tidak dapat mencapainya, jika tidak maka iguana dapat membakar dirinya, bunuh diri ni ye... karena menurut penelitian iguana menyukai panas, ini dikarenakan iguana adalah hewan berdarah dingin
  • Jangan menggunakan lapisan dasar yang mengandung racun
  • Jangan menggunakan pasir, karena dapat masuk ke saluran pernafasan
  • Jangan menggunakan karpet, karena karpet dapat merusak jari iguana dan menutup sirkulasi udara.



Ini gambar atap kandang gw yang baru. mudah-mudahan ke depannya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga misi gw buat mengembang-biakkan iguana berhasil dengan sukses.

No comments: