Tuesday 3 June 2008

Pengen belajar beternak Iguana

Barusan gw beli 2 ekor iguana hijau. Kata penjual sih sepasang, tapi gw masih ragu soalnya menurut info kelamin iguana baru bisa dilihat setelah 1 tahun dan lebih tepatnya saat masa kawin pertama ( sekitar 1,5 tahun ).

Tapi argumen si penjual tentang kelamin sih lumayan buat gw percaya dikit. Katanya ilmunya didapat dari orang Arab yang barusan borong bayi-bayi iguana nya. O ya Iguana gw masih bayi baru umur 2 bulan. Panjang svl nya 7,5 cm trus stl nya 30 cm. Bagi yang ga tau istilah svl ma stl gw jelasin singkat deh. SVL ( snout-vent length ) itu panjang dari ujung kepala ke batas awal ekor. Sedangkan STL ( snout-tail length ) itu panjang dari ujung kepala ke ujung ekor. Mudah kan, btw panjang ekor iguana biasanya 2,5-3 kali panjang SVL nya.

Sementara bayi-bayi iguana ini saya tempatkan di akuarium bekas ikan hias. Menurut aturan yang gw baca, luas akurium mesti cukup buat nampung 2 kali STL nya. Tapi mesti diingat juga, panjang iguana akan bertambah dua kali lipat tiap tahunnya. Jadi perencanaan kandangnya mesti dipikirin buat setahun sekali, lebih baik lagi kalo bisa direncanakan 1 tahun lebih.

Sementara gitu dulu deh perkenalan dari gw dan iguana gw. Harapan jangka pendek gw sih supaya ni iguana hidup dulu deh. Masalah mo ternakin gw pikirin belakangan yang penting ni bayi-bayi iguana sehat walafiat.

O ya gw kasih makan kangkung, bayam ma kecambah. berikut gw tempel foto-foto bayi iguana gw.

1 comment:

TB C-O-M-U-N-I-T-Y said...

Wiiih,,, sneng ya punya iguana!
Gw nyari kmna2 tpi syang gx dpt... hufh,,,,
emang semua jnis iguana bisa ampe 1m panjangny mas?
apa iguana yang sering ada di pohon bisa sebesar itu? atau iguananya beda lagi?