Thursday, 12 August 2010

Makanan Iguana

Sudah 2 tahunan umur iguana gw, dari 2 iguana yang gw punya, sekarang cuman sisa 1 aja. Yang satunya dah mati. Beternak iguana memang memerlukan komitmen jangka panjang. Bagi Anda yang belum siap mental, mending jangan pelihara iguana, kasian karena tiap hari mesti kasih makan.

Panjang iguana gw sudah lebih dari 10cm (SVL) dan 30cm-an untuk STL nya. Kandang juga sudah diganti dengan akuarium yang lebih gede. Kayu pijakannya juga disesuaikan dengan ukuran dan panjang iguana. Bisa dibayangkan ada komitmen yang harus dipegang untuk memelihara iguana.

Selama ini gw kasih makan iguana jenis-jenis sayuran seperti kangkung, bayam, dan sayur ijo. Paling seringnya sih kangkung karena gampang carinya. Trus buah pisang juga favorit iguana gw. Untuk makanan sepertinya kebiasaan dari kecil. Secara umum Iguana bisa memakan semua buah dan sayuran.

Namun tidak semua makanan itu baik, penting diperhatikan nilai gizinya. Iguana menyukai labu dan sayuran yang berwarna hijau. Bayam memiliki zat besi tinggi, namun porsinya mesti dijaga tingkat minimal supaya tidak menghabiskan vitamin dan mineral di tubuh iguana.

Sayangnya iguana gw ga menyukai semua jenis buah dan sayur. Mungkin karena dari kecil terbiasa makan kangkung aja. Tapi Anda bisa mencoba-coba, mungkin ada buah yang anda berikan disukai. Perlu diingat biji dari buah dibuang sebelum diberikan ke iguana terutama untuk iguana yang masih kecil.

Ada yang bilang daun kembang sepatu bisa diberikan ke iguana. Bagi anda yang memiliki tanaman ini tentunya akan memudahkan anda dalam memelihara iguana. Kadang kita lupa membeli sayuran, jadi kita bisa memetik dari tanaman di sekitar rumah kita. Gw kadang memberikan bayam liar jika stok makanan iguana abis.

Ukuran makanan iguana yang disajikan disesuaikan dengan ukuran iguana, selain iguana yang kecil belum mampu untuk merobek makanan yang besar. Contohnya sayur ijo mesti kita potong dalam lembar-lembar kecil. Kemudian pisang mesti kita potong2 dalam ukuran yang kecil.

Iguana memakan makanan favoritnya dan menyisakan makanan lainnya. Yang perlu kita jaga adalah nilai gizi dari makanan iguana, jika perlu kita bisa mencampur dengan vitamin reptil.

Perlu diingat iguana juga memerlukan sejumlah kecil protein, jadi mungkin Anda bisa menambahkan putih telur ke makanan iguana. Cara lain memberikan jangkrik hidup didalam kandang. Dengan cara ini iguana mungkin akan lebih agresif karena berburu jangkrik.

Makanan Iguana memang perlu diperhatikan keseimbangan gizinya. Ini dikarenakan penyakit kekurangan atau kelebihan suatu zat sangat berbahaya untuk Iguana bahkan mematikan. Penyakit yang paling sering ditemukan dan berbahaya adalah penyakit tulang. Untuk itu kita penting memperhatikan gizi makanan iguana. Semoga artikel ini membantu

7 comments:

a.r.e.p a.h.m.a.d said...

hai....sy dr Malaysia...nk tanya...
masih pelihara lagi ka iguananya???
mahu lihat gambar terbarunya~~
tq~~

boy said...

Bagaimana mahu ilang kan penyakit kulit putih2 dibadan iguana.. Bila bantu ngak?

boy said...

Bagaimana mahu ilang kan penyakit kulit putih2 dibadan iguana.. Bila bantu ngak?

d'coolz said...

Bro ane pngen bgt piara iguana, tp ane bingung belinya dimna dn harganya berapa ya?
Thx infonya...

rendy ndose said...

thx infonya brow, sangat bermanfaat sekali

rahmatriyanto.com said...

iguana gue sudah jinak dan bebar berkeliaran di dalam rumah, namun ada musuh terbesar yang kadang kadang datang, yaitu - Kucing, alamaaak

Adie Pinno said...

Misi gan...maw tanya....klo iguana jd suka gigit itu knp yaaa.trims